Pembuatan Web E-commerce menggunakan OpenCart


       Hari ini saya ingin menceritakan bagaimana pembuatan Web E-Commerce , untuk tugas kelompok softskill. Dimana kita menggunakan server lokal yaitu menggunakan aplikasi Xampp sebagai webserver untuk menjalankan webnya nanti dan mysqlnya , dimana dengan menggunakan aplikasi tersebut untuk sebagai pemula pun sangat mudah menggunakan aplikasi Xampp ini, oleh karena itu saya dan teman-teman memilih Xampp. Untuk alternatif server apabila tidak menggunakan xampp maka yaitu menggunakan linux yang kita install kan pada aplikasi virtual box yaitu sebuah aplikasi virtualisasi, akan tetapi kami tidak menggunakan itu karna masih bisa menggunakan xampp.

Selanjutnya kami memilih cmsnya. Apa CMS yang kami gunakan?

pada awalnya saya dan teman-teman mendiskusikan apa yang kami inginkan untuk pemilihan cmsnya. kami pun mencoba untuk searching di google karena pada dasarnya kami hanya mengetahui salah satu CMS saja yaitu wordpress dan untuk storenya menggunakan plug-in tambahan yang bernama woocommerce, akan tetapi setelah mencari kami menemukan beberapa CMS yaitu Joomla,Drupal, Aura cms,Opencart dan Pestashop. diantara CMS tersebut kami memilih untuk menggunakan CMS Opencart karena diantara CMS yang lain kami sangat menyukai System untuk pengelolaan atau Administratornya yang bisa dibilang sangat lengkap walaupun sebenarnya sama saja seperti CMS yang lainnya.

sebelumnya saya ingin menjelaskan dahulu apa sih CMS?

CMS kepanjangan dari Content Management System. CMS merupakan sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload,edit,menambahkan,dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.
Sehingga dengan adanya CMS ini, orang awam pun dapat membuat sebuah website yang langsung jadi dan pengguna tinggal mengelola isi konten website tersebut tanpa campur tangan dari pihak webmaster.
Di dalam CMS, manajemen file-file juga sangat terstruktur, setiap elemen antara isi dan tampilan desain terpisah.

Jadi langkah pertama menginstall Xampp nya terlebih dahulu  pada salah pc/laptop, setelah itu  dilanjutkan untuk membuat databasenya menggunakan mysql yang sudah tersedia pada Xampp tersebut yang bisa kita aktifkan, Selain itu juga mengaktifkan webserver atau apache. selanjutnya menambahkan file CMS Opencart pada folder xampp untuk di install dan dijalankan.
Tag : Softskill
0 comments to "Pembuatan Web E-commerce menggunakan OpenCart"

Please comment fit the theme , use words that are wise in commenting (no ads , no porn , no spam ) . Comments that include an active link , advertising , or entrusted link , will be incorporated into the SPAM folder . Thanks.

Back To Top