Tugas Ilmu Sosial Dasar Negara Turki


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Turki teletak di Anatolia dan Balkan, berbatasan dengan Laut Hitam, antara Bulgaria dan Georgia, berbatasan dengan Laut Aegean dan Laut Mediterania, antara Yunani dan Suriah. Koordinat geografis terletak di: Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/55/WMA_button2b.png/17px-WMA_button2b.png 39°00′LU 35°00′BT.
Bangsa Turki
Bangsa Turki (bahasa Turki: Türkler) didefinisikan sebagai penduduk Republik Turki. Pada catatan sejarah awal, definisi Bangsa Turki adalah "individu manapun di Republik Turki; apapun kepercayaannya atau latar belakang etnisnya; yang berbicara bahasa Turki, mengenal budaya Turki dan memiliki faham idealisme Turki, adalah seorang bangsa Turki."Pemikiran ini berasal dari kepercayaan Mustafa Kemal Atatürk. Kini, istilah Bangsa Turki digunakan untuk penduduk Turki, dan juga penduduk berbahasa Turki di bekas wilayah Kesultanan Utsmaniyah dan komunitas Turki yang tersebar di Eropa, Amerika Utara dan Australia.

Asal Mula
Bahasa Turki pada mulanya berasal dari Asia Tengah dimana mereka yang disebut kelompok Oguz berpindah hingga ke jazirah Anatolia, Asia Kecil. Bahasa cabang Oguz ini lambat laun berubah. Kelompok Oguz ini menyebar mulai Anatolia hingga Selat Bosporus. Kelompok yang membawa bahasa ini adalah kelompok Seljuk pada abad ke-10. Semenjak Islam mulai dianut masyarakat Turki, bahasa Turki di wilayah Anatolia mulai menyerap berbagai kosakata dari bahasa Arab dan bahasa Persia. Bahasa Turki kemudian pada abad 15 mencapai puncak kejayaannya pada masa Kalifah Usmaniyah. Pada masa Usmaniyah ini, bahasa Turki ditulis dengan sejenis Huruf Arab. Akan tetapi, semenjak tahun 1928, Mustafa Kemal Atatürk, yang dikenal sebagai bapak Turki Sekuler berusaha membaratkan Turki dan mengganti semua ejaan bahasa Turki ke dalam abjad Latin.
Klasifikasi Bahasa
Bahasa Turki merupakan anggota cabang dari Bahasa-bahasa Turki , yang meliputi bahasa Turki Gagauz dan bahasa Turki Khorasani. Tergolong subkelompok Turki Selatan, yang tergolong dalam kelompok bahasa Altai.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Bangsa Turki
Kegemilangan Islam pada masa lampau tidak hanya dicapai di bawah pemerintahan bangsa Arab, melainkan juga bangsa- bangsa non-Arab. Salah satunya adalah bangsa Turki yang menguasai peradaban Islam selama hampir seribu tahun lamanya. Yakni, mulai dari kemunculan Dinasti Ghaznawiyah di Afghanistan pada 977 M hingga runtuhnya Kesultanan Ottoman di Anatolia pada 1922 M. Yang saya baca mengenai sejarah pada saat disana, yaitu kalangan sejarawan sepakat, nenek moyang orang Turki berasal dari daratan yang membentang dari Asia Tengah hingga ke Siberia. Kawasan di sekitar Pegunungan Altay, sering dianggap sebagai tanah kelahiran leluhur bangsa Turki. Mayoritas dari mereka menetap di wilayah Xiongnu yang hari ini mencakup Mongolia, Kazakhstan Timur, Kirgizstan Timur, Xinjiang Uyghur (Cina), Manchuria Barat (Cina) dan Rusia Selatan. "Secara historis, bangsa Turki pertama kali muncul sebagai etnis tersen diri di pinggiran Xiongnu sekitar 200 sebelum Masehi (SM) atau sezaman dengan Dinasti Han," tulis sejarawan Peter Zieme dalam karyanya, The Old Turkish Empires in Mongolia, yang dipublikasikan lembaga antropologi Jerman lewat buku Genghis Khan and His Heirs: the Empire of the Mongol (2005). Ternyata ketika saya cari tahu pada masa selanjutnya, pertumbuhan bangsa Turki kian pesat dan mereka pun mulai membentuk suku-suku baru. Di antaranya adalah suku Ashika, Altay, Azerbaijani, Bulgar, Tatar, Dolga, Kazakh, Khazar, Kipchak, Kirgiz, Oghuz, Pecheneg, Turkmen, Uyghur, Uzbek, Yakuts, dan masih banyak lagi. Beberapa suku Turki seperti Khazar dan Pecheneg, kerap disebut sebagai suku pengembara selama bertahun-tahun. Mereka umumnya hidup berpindah- pindah dari satu padang rumput ke padang rumput lainnya. Pada pertengahan abad keenam, bangsa Turki mendirikan kerajaan pertama mereka di wilayah pedalaman Asia dengan yang dikenal dengan sebutan Kekhanan Gokturk (552-744 M). Pada periode yang sama, suku Turkik lainnya juga mendirikan Kekhanan Avar (564-804 M) di wilayah Romawi Timur, Eropa. Hingga pengujung abad ke-13, kerajaan-kerajaan Turki terus bermunculan di berbagai wilayah di benua Asia. Mulai dari Kekhanan Khazar (618-1048 M), Kekhanan Turgesh (699- 766 M), Kekhanan Uyghur (744-840 M), Kekhanan Kara-Khanid (840-1212 M), Kerajaan Gansu Uyghur (848-1036 M), Kekhananan Pecheneg (860-1091 M), dan Dinasti Shato (923-979 M). Setelah masuknya periode Islam, bangsa Turki Muslim juga mendirikan kerajaan di tanah Hindustan di bawah bendera Dinasti Ghaznawiyah (977-1186 M) dan Kesultanan Delhi (1206-1526 M). Sementara, di wilayah Persia dan Anatolia muncul pula Kesultanan Seljuk (1037?1194 M) dan Kesultanan Ottoman (1299-1923 M). Penyebutan pertama istilah `bangsa Turki' dijumpai dalam naskah Cina kuno. "Di situ disebutkan, suku-suku Turki sudah memiliki hubungan perdagangan dengan bangsa Sogdia di sepanjang Jalur Sutra pada abad keenam silam," ungkap Etienne de la Vaissiere dalam Encyclopidia Iranica.
2.2 Sifat Dasar Bangsa Turki
Ada beberapa orang becerita sewaktu pergi jalan-jalan melihat dan menyapa dengan orang disana ternyata,orang turki itu ramah-ramah dan berjiwa penolong. Apabila kita tersesat dan tidak tahu arah kemana jalan menuju tempat tujuan, kita mudah untuk mendapatkan informasi dari orang-orang, Entah itu di jalan, di bus, di metro. Dalam keadaan mereka sedang buru-buru atau santai, kalau mereka tahu pasti dibantu. Walaupun, kadang apabila kita bertanya ada juga yang memberi informasi sembarangan.
Orang Turki memiliki disiplin dan ritme aktivitas yang tinggi. Dimana-mana semua orang berjalan cepat, bergerak cepat, bahkan kadang terlalu cepat . Yang sangat menginspirasi saya di sini juga tidak ada budaya ngaret dan main serobot. Budaya antri cukup baik di sini. Nah kalo kita ngedahuluin orang, paling dipelototin atau di marahin sama orang-orang di sekitar situ. Tapi tetap saja tidak nyaman pastinya.
Orang Turki itu jujur. Ya,tapi dimana-mana pasti ada orang yang tidak jujur lah ya. Tapi secara umum, yang saya lihat di sini orang-orang Turki sangat menjunjung tinggi kejujuran.

2.3 Tempat Wisata Turki

Menurut beberapa pendapat orang Turki adalah salah satu dari banyak negara yang bisa memukau para traveler yang dateng kesana. Tempat wisata di Turki tidak cuma indah , tapi kebanyakan tempat wisatanya juga menyimpan banyak cerita yang mungkin bisa menambah pengetahuan. Gak heran, kalau banyak wisatawan dari berbagai negara rela merogoh koceknya dalam- dalam hanya untuk bertandang ke negara Kemal Attatuk yang menyimpan banyak sejarah Islam ini. Tentunya, semua budget yang dikeluarkan gak akan jadi masalah karena akan terbayar sama banyak bangetnya keindahan yang ada di negara ini.


Istanbul


Sumber:www.lonelyplanet.com
Kota yang pertama kali yang dapat di kunjungi disana adalah Istanbul salah satu Kota di Turki yang membuatnya terkenal sampai ke mancanegara. Kota ini punya bangunan-bangunan dengan arsitektur yang indah banget. Di Istanbul ada Topkapi Palace yang merupakan tempat tinggal kaisar Ottoman. Ada pula, Blue Masque yang desain interior dan exterior masjidnya semua bernuansa biru. Terus, ada juga Aya Sopha yang dulunya sebuah gereja, tetapi kemudian diubah menjadi peribadatan oleh umat Islam. Banyak banget pokoknya.
Cappadocia
Sumber:www.cappadociaturkey.net
Nah tempat wisata di Turki yang paling indah lainnya adalah Cappadocia. Merupakan wilayah bersejarah yang ada di Turki dan menjadi destinasi populer bagi para traveler dunia. saya disini bisa temuin bentuk batu-batu yang indah serta unik. Teman-teman juga bisa menaiki balon udara buat ngeliat sekeliling Cappadocia. Kota-kota dan tujuan wisata yang wajib untuk kunjungi di Cappadocia adalah Urgup, Goreme, Ihlara Valley, Selime, Guzelyurt, Uchisar, Avanos dan Zelve.
2.4 Fakta dari bangsa Turki
Fakta 1 Negara Penduduknya Islam
Kebanyakan orang awam mengetahui bahwa Turki adalah negara yang berkependudukan islam, hal ini bisa dilihat tentang konservatif negara ini, kecuali jika Teman-teman mencari tahu tentang hal tersebut. Hampir semua saudara dan teman-teman saya yang berada di Indonesia menanyakan hal ini. Memang benar semua penduduk di Turki beragama Islam, tapi walaupun demikian banyak juga budaya-budaya eropa yang sudah merambah ke negara ini. Misalnya saja, saya sering menjumpai anak-anak muda yang sedang berciuman di tempat-tempat umum. Hal tersebut sangat lumrah dilakukan disini. Gaya modis ala eropa misalnya, stockings, boots dan masih banyak lagi. Wajah ala orang eropa pun tak jarang saya jumpai disini, dengan wajah pucat dan rambut pirang. Pernah suatu hari menanyakan letak mushola di sebuah mall kepada petugas mall, yang ada bukannya mengetahui letak mushola, tapi saya mendapatkan tampang yang acuh dari petugas tersebut. Dan mendengar cerita dari orang turkinya sendiri, katanya selama 3 keturunan memang tidak tahu agama islam, jadi miris.
Fakta 2 Olahraga Gratis untuk Masyarakat Sehat
Kebanyakan dari teman-teman pelajar yang berada di Turki jarang melakukan kegiatan olahraga. Kebanyak dari mereka pun lebih senang berjalan kaki sebagai alternatif berolahraga. Fasilitas alat olahraga sering saya jumpai disini, tidak hanya di Istanbul dan Ankara saja. Bahkan semua kota di Turki pun memiliki fasilitas ini, fasilitas ini pun berada di taman-taman dan diletakkan di tempat terbuka. Olahraga ini meliputi, air walker, sepeda statis, alat sit up, angkat beban dan masih banyak lagi. Tak jarang melihat banyak penduduk yang memanfaatkan fasilitas dari pemerintah ini. Bayangkan kalau fasilitas seperti ini ada di negara kita, mungkin yang ada besi-besinya sudah pada dijualin.
Fakta 3 Negara Terpadat
Ankara, ibukota Turki dan salah satu kota terbesar di Turki. Hampir setiap hari di sudut kota, apalagi di pusat kota selalu ramai akan manusia. Bahkan di jalanan ibukota Jakarta yang padat akan kendaraan pun bisa tersaingi dengan padatnya manusia disini, hampir setiap alat transportasi di Ankara selalu penuh sesak, apalagi waktu jam-jamnya kerja. Kehidupan di Ankara pun sangat panjang, dari pagi sampai pagi lagi tetep masih ramai akan kegiatan para penduduknya. Hal yang sama juga saya jumpai di Istanbul, bahkan kota terbesar di Turki ini lebih ramai dari pada ibukota. Hal ini mungkin disebabkan letak geografis dan sejarah kota Istanbul sendiri, yang berada diantara 2 benua, yang langsung dipengaruhi oleh budaya eropa dan memiliki sejarah masa lalu yang sangat menarik.
Fakta 4 Transportasi yang Maju dan Terpelihara
Masalah tentang transportasi negara kita sudah tertinggal jauh dengan Turki, selain ada sistem metro bawah tanah selayaknya negara eropa lainnya, Turki juga mempunyai kereta gantung. Di Indonesia kereta gantung ini banyak kita jumpai di tempat-tempat rekreasi, misalnya di TMII. Selain transportasinya yang maju, sistem transportasinya pun tidak amburadul dan selalu sesuai jadwal. Dari pagi jam 5 hingga malam jam 11 selalu ada kendaraan yang siap, kebersihan di setiap armadanya pun terjaga walaupun ada juga sering melihat bangku bis kota ada coretan spidol selayaknya angkutan di Indonesia.
BAB III
PENUTUP
1.1 Kesimpulan
Negara Turki merupakan negara yang sangat banyak memiliki nilai sejarah peradaban islam, begitu banyak peninggalan islam yang masih dapat kita temui disana. Begitu pula dengan keindahan alam yang sangat memanjakan mata, banyak sekali tempat yang bisa kita kunjungi disana.
Namun semakin tahun ajaran islam disana mulai berubah sangat beda sekali dengan tahun-tahun kekhalifahan sebelumnya, disana memang banyak tempat yang bisa kita kunjungi akan tetapi jarak-jaraknya berjauhan apabila ingin mengunjungi semua tempat disana satu minggu pun saya rasa tidak cukup dan harus dilakukan penjadwalan sebelum melakukan tour kesana.
1.2 Saran


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan perlu diketahui bagi yang ingin pergi ke Negara Turki. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan:
1. Sebaiknya anda mempersiapkan jadwal jalan-jalan agar bisa menikmati tempat-tempat wisata karena disana tempatnya berjauhan.
2. Dalam perjalanan anda sebaiknya melihat jarak dan waktu untuk menggunakan transportasi, apabila cukup jauh dan ingin menghemat waktu sebaiknya menggunakan transportasi udara.
DAFTAR PUSTAKA
http://meru-together.blogspot.co.id/2011/04/kebudayaan-islam-di-turki-dan.html di akses tanggal 6 Oktober 2015 jam 14:00
https://putrifajar.wordpress.com/2012/10/22/orang-turki-itu/#more-829 di akses tanggal 7 Oktober 2015 jam 15:00
https://hosgoru.wordpress.com/about/ di Akses tanggal 8 Oktober 2016 jam 21:00
https://www.youtube.com/watch?v=LLHYAKx5umU di akses tanggal 9 Oktober 2015 jam 21:00
https://wikipedia.com di akses tanggal 10 Oktober 2015 jam 15:00
2 comments to "Tugas Ilmu Sosial Dasar Negara Turki"

Mitra Penerjemah | Jasa penerjemah tersumpah di jakarta
Merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang jasa dan kami berdiri sejak tahun 2005
Kami melayani translation:
-CV
-Jurnal
-Abstrak
-Legalisasi dokumen
-Tugas Sekolah/Kuliah
-Esai/Karangan
-Dokumen penting (KK/KTP/Akta Kelahiran/Akta Tanah)
Kami juga menyediakan jasa: -SWORN TRANSLATOR resmi untuk kebutuhan pembuatan visa atau kedutaan.
File dapat dikirim melalui email:mitrapenerjemah@yahoo.com
Kontak Kami Alamat:
Jl. Olahraga 1 no.33B, Condet Raya-Jakarta Timur
Phone. 021-50448230 – 082123532858 (Whatsapp)
website kami: www.mitrapenerjemah.com

Thank you for the information...
Please visit our web :
IT TELKOM JAKARTA

Please comment fit the theme , use words that are wise in commenting (no ads , no porn , no spam ) . Comments that include an active link , advertising , or entrusted link , will be incorporated into the SPAM folder . Thanks.

Back To Top